0 Komentar

Bangsa merupakan sekelompok manusia yang memiliki semaan bahasa, sejarah, ideologi, budaya, dan memiliki identitas yang sama. sedangkan pengertian dari negara adalah sekelompok orang yang menempati wilayah tertentu yang diatur oleh pemerintahan yang sah.

Pada kesempatan kali ini saya akan kembali berbagi sebuah contoh soal PKn untuk kelas 10. Contoh soal PKn kelas 10 ini dengan materi hakikat bangsa dan negara, nah bagi bapak dan ibu guru pengampu mata pelajaran pendidikan kewarga negaraan di jenjang SAM sederajat bisa meniru contoh soal ini untuk dijadikan sebagai ulangan harian maupun latihan-latihan soal. Contoh soal PKn ini teridiri dari dua bagian yaitu pilihan ganda 15 butir dan essay 5 butir. Berikut ini Contoh Soal PKn Kelas 10 Hakikat Bangsa dan Negara.

Contoh Soal PKn Kelas 10 Hakikat Bangsa dan Negara

Contoh Soal PKn Kelas 10 Hakikat Bangsa dan Negara

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e!

1. Semangat nasionalisme dan keberadaan jiwa tercermin dalam sikap ….
a. mendukung westernisasi
b. suka melancong ke luar negeri
c. bertindak sopan-santun terhadap wisatawan mancanegara
d. cinta dan bangga mempergunakan produksi bangsa sendiri
e. senantiasa bersikap terbuka dari semua pengaruh dari luar

2. Negara ideal adalah suatu negara yang mampu melaksanakan fungsinya dengan baik. Hal ini sesuai dengan pendapat John Locke. Negara tersebut akan lebih baik jika berbentuk ….
a. republik presidensial 
b. monarki konstitusional 
c. monarki absolut
d. republik parlementer
e. monarki parlementer

3. Sesuai dengan pendapat John Locke, suatu pemerintahan akan mampu menyelenggarakan pemerintahannya dengan baik apabila ….
a. dipimpin seorang kaisar/raja
b. kekuasaannya terbatas
c. kekuasaannya mutlak (absolute)
d. dibentuk berdasarkan kontrak sosial
e. pemimpin yang ditunjuk Tuhan

4. Salah satu perbedaan utama antara bangsa dengan negara adalah unsur ….
a. wilayah yang dimiliki d. penduduk
b. norma yang berlaku e. hubungan luar negeri
c. kedaulatan

5. Dalam pandangan J.J. Rousseau, sebelum membentuk suatu negara, kehidupan manusia diposisikan pada ….
a. seperti kehidupan serigala
b. seakan-akan menyerupai taman firdaus
c. bagaikan kehidupan sekelompok semut
d. bagaikan kehidupan di alam liar/bebas
e. seperti kehidupan di alam rimba

6. Seorang raja atau kaisar dapat memerintah atau berkuasa sesuai dengan pandangan teori teokrasi disebabkan oleh ….
a. diberi mandat oleh rakyatnya
b. dipilih oleh wakil rakyat
c. mampu melaksanakan perintah tuhan
d. asal usulnya dari dewa
e. mempunyai kelebihan yang diberikan oleh Tuhan

7. Faktor umum yang mendorong manusia untuk hidup berkelompok adalah ….
a. rasa kesukuan, ras, dan etnis
b. materi, pertahanan, dan kekuasaan
c. spiritual, intelektual, dan faktor fisik
d. ingin memperluas pengaruh dan tujuan
e. persamaan nasib, tempat tinggal, dan keturunan

8. Dampak yang diakibatkan oleh sikap primordial adalah ….
a. mempersempit moralitas pengakuan terhadap kesamaan harkat dan martabat serta melunturkan wawasan kebangsaan
b. menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, bangsa, dan negara
c. menumbuhkan rasa kekeluargaan dan gotong royong yang tinggi
d. menciptakan stabilitas nasional yang mantap
e. menciptakan kehidupan yang selaras, seimbang, dan serasi.

9. Wilayah, penduduk, pemerintah, dan kedaulatan merupakan ….
a. syarat-syarat terjadinya negara
b. hal-hal yang terpenting dalam suatu negara
c. unsur-unsur suatu bangsa
d. karakter suatu negara
e. unsur-unsur terbentuknya negara

10. Tujuan suatu negara pada hakikatnya adalah ….
a. meningkatkan kebutuhan masyarakat
b. melindungi wilayah negara
c. menciptakan ketertiban masyarakat
d. mengusahakan kesejahteraan umum
e. memeratakan pendapatan masyarakat

11. Unsur-unsur terbentuknya suatu bangsa dilihat dari aspek kejiwaan adalah ....
a. keberadaannya diakui oleh bangsa lain
b. memiliki rasa senasib dan sepenanggungan
c. terdapat persamaan identitas, karakter ataupun budaya.
d. mendiami pada suatu wilayah tertentu
e. terdapat sekelompok manusia yang mempunyai kemauan untuk bersatu

12. Menurut pandangan John Locke, agar dapat berjalan dengan baik dan jauh dari pelanggaran terhadap hak-hak rakyat, pemerintahan pada suatu negara harus dipisah-pisahkan menjadi beberapa bidang kekuasaan, yaitu ….
a. legislatif, eksekutif, dan yudikatif 
b. eksekutif dan yudikatif 
c. legislatif dan eksekutif
d. legislatif, eksekutif, dan federatif
e. legislatif dan federatif

13. Bangsa adalah satu kesatuan karakter atau perangai yang timbul karena persamaan nasib. Pandangan ini dicetuskan oleh ....
a. Otto Bauer 
b. Thomas Hobbes 
c. Hans Kelsen
d. Ernest Renant
e. Ibnu Khaldun

14. Suatu negara akan tumbuh dan terbentuk secara evolusioner sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan manusia. Ini adalah teori ….
a. organis
b. ketuhanan 
c. historis
d. alamiah
e. kekuatan

15. Menurut Jean Jacques Rousseau, pada hakikatnya kedaulatan berasal dari ….
a. rakyat 
b. suku 
c. UUD
d. dewa
e. negara


B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!

1. Berdasarkan teori pembentukan suatu negara, Indonesia termasuk ke dalam teori yang mana? Jelaskan jawaban Anda!
2. Apakah yang dimaksud dengan ikatan primordial? Berikanlah contohnya!
3. Jelaskan posisi manusia sebagai makhluk individu dan manusia sebagai makhluk sosial dalam konteks berbangsa dan bernegara!
4. Mengapa bentuk negara kesatuan adalah bentuk yang paling cocok untuk Indonesia? Jelaskan!
5. Sebutkan empat cara mengembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda sekarang ini!

Bagi bapak dan ibu guru yang ingin memiliki file Contoh Soal PKn Kelas 10 Hakikat Bangsa dan Negara bisadownload terlebih dahulu dengan format file .docx yang bisa di edit dengan Word.

Contoh Soal PKn Kelas 10 Hakikat Bangsa dan Negara

Posting Komentar

 
Top