0 Komentar
Contoh Soal UAS Sosiologi Kelas 12 Semester 2

Sosiologi merupakan ilmu yang membahas mengenai perilaku sosial dalam masyarakat, antara individu dan kelompok. Mengingat pentingnya manusia bersosial, manusia berinteraksi dengan individu lain maka dalam jenjang sekolah khususnya jenjang SMA sederajart diberikan mata pelajaran sosiologi.

Dalam mata pelajaran sosiologi kelas 12 ini dibahas berbagai macam tema materi, seperti perubahan sosial didalam masyarakat, lembaga sosial, dampak perubahan sosial, penelitian sosial dan lain sebagainya. 

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi contoh soal UAS mata pelajaran sosiologi untuk kelas 12. Contoh soal UAS ini untuk semester 2. Berikut ini Contoh Soal UAS Sosiologi Kelas 12 Semester 2 yang didalamnya terdapat bentuk soal pilihan ganda dan uraian. 

Contoh Soal UAS Sosiologi Kelas 12 Semester 2

Contoh Soal UAS Sosiologi Kelas 12 Semester 2

A. Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda (x) pada pilihan a, b, c, d atau e

1. Dalam melakukan sebuah penelitian, langkah awal yang sangat perlu untuk
dilakukan adalah ....
a. membuat proposal penelitian
b. menyusun daftar isi laporan
c. menetapkan hipotesis kerja penelitian
d. menentukan judul penelitian
e. memilih masalah penelitian

2. Data yang diperoleh seorang peneliti melalui media massa, media audio visual, dan perpustakaan disebut dengan data ....
a. kuantitatif
b. kualitatif
c. faktual
d. primer
e. sekunder

3. Kegiatan prapenelitian atau observasi awal perlu dilakukan setelah peneliti merumuskan permasalahan penelitian. Hal tersebut bertujuan untuk ....
a. menentukan metode penelitian yang tepat untuk digunakan
b. memudahkan dalam pengolahan data
c. merumuskan kesimpulan
d. menemukan hasil penelitian
e. membuat daftar pertanyaan untuk wawancara

4. Berikut ini yang merupakan keuntungan penggunaan angket atau kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data adalah ....
a. kuesioner dapat menghasilkan data yang valid
b. pertanyaan dapat dijawab pada waktuwaktu tertentu
c. memerlukan kehadiran langsung peneliti
d. responden dapat memberikan jawaban yang homogen
e. memakan waktu yang cukup lama

5. Pengumpulan data melalui angket atau kuesioner dan wawancara akan diperoleh
jenis data ....
a. primer
b. sekunder
c. kuantitatif
d. kualitatif
e. faktual

6. Seorang peneliti ingin mengetahui keberhasilan kurikulum 2004 pada jenjang SMA kelas XII. Peneliti mengambil siswa kelas XII secara acak untuk dijadikan sampel dalam penelitiannya. Cara pengambilan sampel ini dinamakan ....
a. simple random sampling
b. stratified random sampling
c. cluster random sampling
d. quota sampling
e. purposive sampling

7. Sebuah penelitian yang ingin mengetahui secara pasti kejadian masa lampau untuk dikondisikan pada saat sekarang adalah jenis penelitian ....
a. komparatif
b. survei
c. historis
d. eksperimen
e. kuantitatif

8. Sebuah kegiatan pengamatan di mana seorang pengamat menggunakan instrumen tes, termasuk perangkat seperti lembar observasi dan lain sebagainya disebut dengan observasi ....
a. berperan serta
b. tidak berperan serta
c. sistematis
d. nonsistematis
e. langsung

9. Nama subjek penelitian untuk penelitian kualitatif adalah ....
a. narasumber
b. responden
c. koresponden
d. informan
e. reporter

10. Berikut ini yang bukan merupakan syaratsyarat hipotesis adalah ....
a. dapat diterima oleh akal sehat
b. jelas dan tidak bermakna ganda
c. dinyatakan dalam bentuk kalimat pernyataan, bukan pertanyaan.
d. dapat diuji secara spesifik
e. berisi pernyataan mengenai hubungan antara paling sedikit dua variabel

11. Sebuah pendekatan dalam penelitian kualitatif yang mencoba melihat arti
peristiwa dan kaitannya terhadap orangorang biasa dalam waktu tertentu disebut dengan pendekatan....
a. fenomenologi
b. interaksionis
c. historis
d. studi kasus
e. eksperimen

12. Jenis angket yang alternatif jawabannya sudah ditentukan oleh peneliti, berupa
jawaban setuju dan tidak atau pilihan ganda adalah jenis angket ....
a. terbuka
b. tertutup
c. langsung
d. tidak langsung
e. kombinasi

13. Nilai bilangan yang berasal dari jumlah keseluruhan nilai bilangan dibagi dengan
banyaknya unit atau bilangan disebut dengan ....
a. median
b. modus
c. mean
d. presentil
e. kuartil

14. Bentuk diskusi kelas di mana para siswa berdiskusi mengenai apa saja yang berhubungan dengan kehidupan mereka sehari-hari adalah bentuk diskusi ....
a. social problem meeting
b. opened meeting
c. educational diagnosis meeting
d. educational-social meeting
e. opened-educational meeting

15. Ciri laporan penelitian yang menyebutkan bahwa tulisan harus menurut alur pemahaman yang runtut dan berkesinambungan disebut ....
a. objektif 
b. jelas 
c. sistematis
d. logis
e. terbuka

16. Berikut ini yang bukan merupakan tahap-tahap persiapan dalam melakukan presentasi hasil penelitian adalah ....
a. membuat kerangka utama bahan yang akan dipresentasikan
b. mengetahui karakteristik dan dasar pengetahuan peserta
c. mempersempit topik presentasi menjadi beberapa pemikiran utama
d. mengadakan latihan presentasi, baik secara individual ataupun dengan bantuan orang lain
e. mengambil kesimpulan sesuai dengan pemikiran yang dipresentasikan

17. Setelah melakukan proses editing data, peneliti harus memasuki tahapan pengolahan data berikutnya, yaitu ....
a. koding
b. interpretasi
c. tabulasi
d. reduksi
e. analisis

18. Berikut ini yang tidak termasuk instrumen penelitian adalah ....
a. observasi
b. angket
c. data
d. wawancara
e. kuesioner

19. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian dalam proses editing data hasil penelitian yang diperoleh di lapangan, kecuali ....
a. kelengkapan dan kesempurnaan data
b. kejelasan tulisan
c. pemahaman catatan
d. konsistensi data
e. keberagaman satuan yang digunakan dalam data

8 4 6 9 8
6 6 6 9 8
5 7 5 7 8
7 9 8 3 7

20. Berikut ini yang merupakan kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan laporan adalah ....
a. menggunakan bahasa sederhana
b. menggunakan bahasa tidak baku
c. bahasa yang digunakan tidak bersifat klise
d. tujuan penelitian sesuai dengan maksud penelitian
e. tidak mengulang kata-kata yang bermakna sama


II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Apakah keuntungan bagi seorang peneliti dengan menggunakan wawancara \ dalam pengumpulan data di lapangan?
2. Bagaimanakah susunan rancangan penelitian sosial secara sederhana?
3. Jelaskan karakteristik kerja ilmiah dalam sebuah penelitian, terutama penelitian sosial!
4. Apakah perbedaan antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif? Gunakan tabel yang sistematis untuk membedakannya!
5. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam kategorisasi jawaban dalam pengkodean!
6. Sebutkan kegunaan tabel silang!
7. Apa sajakah kegunaan statistik dalam analisis data?
8. Perhatikan hasil nilai ujian blok Sosiologi kelas XII IS 6 SMA Alengkadiraja berikut ini. Dari data nilai di atas, buatlah distribusi frekuensi mutlak, relatif, dan kumulatifnya!
9. Sebutkan dua aspek dalam interpretasi data!
10. Bagaimana urutan sajian artikel penelitian menurut kaidah APA?


Contoh Soal UAS Sosiologi Kelas 12 Semester 2

Posting Komentar

 
Top