0 Komentar

Pelajaran Sosiologi merupakan salahs atu mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang SMA khusus untuk jurusan IPS. Karena pada materi Sosiologi ini membahas tentang berbagai macam gejala sosial pada individu dan masyarakat.

Pada postingan kali ini akan saya berikan contoh soal UKK Sosiologi kelas 11. Bentuk contoh soal Sosiologi ini terdiri dari 40 pilihan ganda dan 10 essay. Bagi Bapak atau Ibu guru yang sedang mencari contoh soal Sosiologi untuk ulangan kenaikan kelas 11 bisa melihat contoh soal Sosiologi ini. Berikut ini Contoh Soal UKK Sosiologi Kelas 11 (Semester 2).

Contoh Soal UKK Sosiologi Kelas 11 (Semester 2)

Contoh Soal UKK Sosiologi Kelas 11 (Semester 2)

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1. Pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat adalah ....
a. diferensiasi sosial
b. mobilitas sosial
c. stratifikasi sosial
d. sistem sosial
e. pengendalian sosial

2. Kriteria yang dipakai untuk menggolongkan anggota masyarakat ke dalam suatu lapisan, kecuali ....
a. kekayaan 
b. kedisiplinan 
c. ilmu pengetahuan
d. kehormatan
e. kekuasaan

3. Beberapa contoh stratifikasi sosial yang bersifat tertutup adalah ....
a. kasta, pangkat, pendidikan
b. kasta, sistem feodal, politik apartheid
c. sistem pendidikan, sistem ekonomi
d. kasta, keturunan, golongan usia
e. kasta, golongan usia, pendidikan

4. Pada prinsipnya status seseorang dapat diperoleh dengan cara-cara yang bersifat ....
a. subjektif, objektif, otomatis
b. otomatis, ada usaha, subjektif
c. konflik, simbol, assigned
d. ascribed, otomatis, assigned
e. ascribed, achieved, assigned

5. Suatu lapisan dalam masyarakat tempat setiap orang yang mempunyai kedudukan dan peran masing-masing disebut ....
a. lapisan sosial 
b. stratifikasi sosial 
c. tingkatan sosial
d. susunan sosial
e. kelas sosial

6. Salah satu bentuk pelapisan sosial pada masyarakat primitif adalah ....
a. sistem kelas 
b. jenis kelamin 
c. jenis pekerjaan
d. tingkat kekuasaan
e. kemampuan bekerja

7. Ciri-ciri umum untuk menentukan adanya lapisan sosial, kecuali ....
a. status seseorang dalam beragama
b. status atas dasar keturunan
c. status atas dasar jenis kelamin dan umur
d. status atas dasar kekuasaan
e. status atas dasar fungsi dan pekerjaan

8. Membatasi kemungkinan pindahnya seseorang dari satu lapisan ke lapisan lain secara vertikal disebut lapisan sosial ....
a. terbuka 
b. tertutup 
c. vertikal
d. terpadu
e. horizontal

9. Kelas sosial secara sederhana bergantung pada beberapa kriteria, kecuali ....
a. kesadaran akan status masing-masing
b. besarnya jumlah anggota
c. kebudayaan
d. kelanggengan
e. antagonisme tertentu

10. Salah satu fungsi stratifikasi sosial adalah mengatur partisipasi masyarakat. Hal ini berkaitan dengan ....
a. pengaturan dan pengawasan interaksi sosial
b. perbedaan kemampuan ekonomi masyarakat
c. adanya hierarki yang ditandai simbol
d. cara mempersatukan masyarakat yang berbeda-beda
e. pola pendistribusian kewajiban masya rakat

11. Di Indonesia masih ada yang dikenal dengan desa tertinggal. Hal ini karena dasar stratifikasi sosialnya adalah ....
a. kehormatan 
b. kekayaan 
c. kekuasaan
d. kesalehan
e. pendidikan

12. Intensitas konflik dengan kekerasan fisik diikuti perusakan barang-barang dan pemukulan termasuk kepada indikator ....
a. brutal 
b. demonstrasi 
c. kerusuhan
d. armed attack
e. unjuk rasa

13. Memberikan model atau contoh pemecahan masalah bersama termasuk pada peran penyelesaian konflik ....
a. mediator 
b. modal sosial 
c. fasilitator
d. broker
e. arbitrasi

14. Jika tujuan pribadi ataupun hubungan dengan orang lain cukup penting bagi Anda, dan Anda ataupun orang lain itu sama-sama tidak akan memperoleh apa yang diinginkan bersama maka bisa di lakukan gaya ....
a. tawar-menawar 
b. menghindar 
c. memaksa
d. kolaborasi
e. kekerasan

15. Konflik yang diikuti adanya kerusuhan memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ....
a. tanpa tujuan yang jelas
b. bersifat anarki
c. adanya rasa kebersamaan
d. banyak kerugian
e. terjadi perusakan

16. Cara menyelesaikan konflik melalui pengadilan disebut ....
a. mediasi 
b. coercion 
c. detente
d. konsiliasi
e. arbitrasi

17. Bentuk kerja sama yang pelaksanaan perjanjian pertukaran barang dan jasa antara dua organisasi atau lebih disebut ....
a. gotong royong 
b. koperasi 
c. bargaining
d. cooptation
e. coalition

18. Konflik di Indonesia pada era reformasi di segala bidang me rupakan contoh konflik ....
a. politik 
b. konflik keras 
c. Antarsuku
d. internasional
e. pribadi

19. Konflik yang terjadi antara Indonesia dan Australia dalam masalah celah Timor, merupakan contoh konflik ....
a. pribadi 
b. kelas 
c. ras
d. politik
e. internasional

20. Guru menyelesaikan konflik di antara dua orang siswa dengan syarat yang harus dipenuhi oleh murid tersebut, dinamakan ....
a. kompromi 
b. konsiliasi 
c. mediasi
d. eliminasi
e. ajudikasi

21. Akibat dari keinginan masyarakat untuk menciptakan keteraturan adalah ....
a. aktivitas cenderung konsisten
b. tidak tampak adanya perubahan
c. selalu ada ketenangan dan ketenteraman
d. adanya larangan melakukan kegiatan
e. munculnya berbagai kelompok

22. Perpindahan orang-orang atau kelompok dari strata sosial yang satu ke strata sosial lainnya disebut mobilitas ....
a. geografik 
b. sosial 
c. kedudukan
d. vertikal
e. horizontal

23. Gerak sosial dari suatu lapisan ke lapisan lain dalam suatu sistem strafikasi sosial merupakan bagian dari ....
a. perubahan sosial
b. struktur sosial
c. dinamika sosial
d. stratifikasi sosial
e. masyarakat yang dinamis

24. Seseorang yang bekerja di perusahaan sebagai sekretaris, lalu dipindahkan menjadi bendahara. Akan tetapi, ia mendapat gaji yang sama, mobilitas apa yang terjadi ....
a. sosial 
b. geografik 
c. vertikal
d. horizontal
e. kedudukan

25. Berikat ciri dari mobilitas vertikal, kecuali ....
a. masyarakat yang bersangkutan merupakan masyarakat terbuka
b. setiap warga masyarakat memiliki kedudukan hukum yang sama tingginya
c. turunnya kedudukan seseorang ke yang lebih rendah
d. gerak naik ke lapisan yang lebih tinggi
e. kelas sosial yang ada di masyarakat tidak menutup kemungkinan untuk naik turunnya kedudukan

26. Manakah dari contoh berikut yang ter masuk mobilitas sosial intragenerasi ....
a. seorang sekretaris dipindahkan ke bagian bendahara
b. seorang ayah yang bekerja menjadi guru dan beralih profesi menjadi penjual buku
c. menteri pendidikan periode lalu sekarang diangkat menjadi menteri tenaga kerja
d. seorang ayah yang bekerja sebagai petani, sedangkan anaknya menjadi pedagang di pasar
e. guru Sosiologi SMA X dipindahtugas kan ke SMA Y

27. Berikut ini saluran mobilitas vertikal, kecuali ....
a. angkatan bersenjata
b. lembaga keuangan
c. lembaga pendidikan
d. organisasi sosial
e. organisasi politik

28. Setiap lembaga akan memiliki kedudukan sosial yang tinggi dan rendah untuk diisi oleh
setiap warga masyarakatnya. Hal tersebut merupakan faktor dari struktur ....
a. perbedaan vertikal
b. ekonomi ganda
c. penghambat mobilitas sosial
d. pekerjaan
e. perbedaan kemampuan

29. Suatu proses yang menciptakan per pecahan dan merenggangkan solidaritas di antara masingmasing anggota kelompok adalah ....
a. komulatif 
b. kooperatif 
c. destruktif
d. asosiatif
e. disosiatif

30. Para kelompok buruh melakukan unjuk rasa di depan gedung DPR untuk mengaspirasi kan
keinginannya tentang RUU buruh. Kelompok buruh termasuk pada kelompok sosial melalui hasil pengalaman ....
a. emosional 
b. kedekatan 
c. praktis
d. intelektual
e. perasaan senasib

31. Siswa-siswi SMA Prestasi Remaja me rupakan kelompok sosial yang tergabung melalui pengalaman ....
a. intelektual 
b. emosi 
c. prestasi
d. praktis
e. motivasi

32. Masyarakat Indonesia yang pluralistik ditandai oleh adanya gejala-gejala sosial sebagai berikut, kecuali ....
a. terdapat banyak suku
b. masyarakat terbagi dalam berbagai segmentasi yang berlainan
c. terjadi stratifikasi yang sangat mencolok
d. proses integrasi nasional masih banyak menghadapi kendala
e. masih sering terjadi konflik-konflik antar kelompok

33. Masyarakat Indonesia pada kenyataannya terdiri atas beberapa kelompok suku, agama, daerah dengan ciri-ciri tertentu. Keadaan semacam ini disebut masyarakat ....
a. luas 
b. terpencar 
c. tradisional
d. berkelompok
e. multikultural

34. Persamaan yang menjadi dasar pemersatu bangsa adalah ....
a. bahasa-bahasa daerah sebagai kekayaan bangsa indonesia
b. adat istiadat yang hampir sama
c. nilai-nilai luhur yang menjadi ciri khas semua suku bangsa
d. masyarakat yang masih tradisional
e. Indonesia masuk kelompok suku bangsa yang besar

35. Ideologi yang mengakui dan mengagung kan perbedaan dalam kesederajatan, baik secara individual maupun kebudayaan adalah ....
a. pluralisme 
b. heterogenitas 
c. multikulturalisme
d. hak asasi manusia
e. hedonisme

36. Berikut ini beberapa konsep yang relevan dengan multikulturalisme, kecuali ....
a. demokrasi
b. kesukubangsaan
c. keyakinan keagamaan
d. separatisme
e. HAM

37. Manakah upaya-upaya berikut ini yang tidak menunjuk pada terwujudnya multikulturalisme ....
a. meningkatkan toleransi dan apresiasi antarbudaya
b. peningkatan peran media komunikasi untuk melakukan sensor terhadap penyimpangan norma sosial
c. strategi pendidikan yang berbasis budaya
d. adanya pendidikan multikultural
e. perubahan paradigma pendidikan yang menekankan pada aspek intelektual

38. Di antara tujuan didirikannya Masyarakat Anti-Sara Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. memerangi segala bentuk sikap dan perbuatan yang berbau SARA
b. pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya sikap toleransi dan empati sosial terhadap keanekaragaman.
c. menggalang partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang anti-SARA.
d. menjunjung tinggi sikap primordialisme sebagai wujud rasa cinta terhadap daerahnya.
e. mendorong terciptanya komunitas masyarakat yang hidup dalam ke ter aturan dan keseimbangan dalam keaneka ragaman sosial budaya.

39. Sosiolog Indonesia, Astri Soesanto, memberi kan pandangan tentang kelompok sosial sebagai ....
a. sekelompok orang yang saling berinteraksi
b. kumpulan yang nyata, teratur, dan tetap
c. kesatuan manusia yang hidup bersama
d. kesatuan individu yang mengalami interaksi psikologis
e. jumlah anggota dan nilai-nilai yang dihadapi bersama

40. Kita sering menemukan penduduk suatu desa yang orang-orangnya mempunyai ikatan keluarga. Pembentukan kelompok pada masyarakat ini didasari oleh ....
a. kesamaan kepentingan
b. pengalaman praktis
c. kesamaan daerah
d. kesamaan keturunan
e. kesamaan ciri fisik

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat.

1. Apa yang dimaksud dengan kelompok sosial?
2. Jelaskan perbedaan antara kelompok sosial dan pranata sosial.
3. Sebutkan faktor-faktor yang melatar belakangi pengelompokkan manusia.
4. Sebutkan empat jenis kelompok sosial dalam masyarakat menurut Robert Bierstedt.
5. Jelaskan perbedaan antara kerumunan, publik, dan massa.
6. Sebutkan lima kelompok sosial yang didasarkan atas kepentingan bersama.
7. Apa yang dimaksud dengan kelompok primer dan kelompok sekunder serta faktor-faktor yang membedakan di antara keduanya?
8. Sebutkan ciri-ciri dari paguyuban (gemeinschaft) dan contoh-contohnya di masyarakat.
9. Apa yang dimaksud dengan komunitas sosial dan berikan ciri-ciri dan contohnya?
10. Jelaskan pengelompokan sosial yang di kemuka kan oleh salah seorang sosiolog.

Bagi Bapak atu Ibu guru yang ingin memiliki file Contoh Soal UKK Sosiologi Kelas 11 (Semester 2) silahkan unduh terlebih dahulu di bawah ini dengan format .docx.

Contoh Soal UKK Sosiologi Kelas 11 (Semester 2)




Lihat Contoh Soal Lain :


Posting Komentar

 
Top